Sabtu, 15 Oktober 2011

Pembuatan Kopi Luak

Untuk menjamin kualitas dan kekhasan kopi luwak tetap terjada, PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) sejak tahun 2006 menangkarkan luwak sebagai jaminan bahwa kopi luwak yang dikutip adalah kopi luwak yang masih fresh dan terkontrol proses produksinya. Berbeda dengan di alam, lamanya kotoran luwak di tanah sampai dengan proses pengumpulan tak terkontrol sehingga resiko berjamur lebih tinggi yang menyebabkan taste jelek antara lain earthy, moudly dan sting coffee.
KOPI LUWAK JAVA COFFEE
PT PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO)
Berawal dari uji coba di Kebun Kayumas, yang berada di kawasan kawah Ijen, Bondowoso, Jawa Timur; proses penangkaran berhasil dilakukan setelah melalui serangkaian kegagalan dalam system pemeliharaan dan pengembangbiakan hewan yang dianggap sebagai hama oleh pada petani di sekitar kebun

Luwak yang berasal dari lingkungan di sekitar kebun dipelihara dengan membuat lingkungan tinggal sealami mungkin. Pola pemberian asupan makan juga dijaga untuk menjamin kesehatan luwak yang dipelihara karena tidak setiap saat luwak diberi makan kopi. Di luar musim kopi, luwak diberi makan buah-buahan seperti pisang atau pepaya diselingi makanan instan untuk binatang dan daging. Asupan itu pun dilengkapi dengan pemberian susu.
Pada musim panen kopi, setiap sore luwak diberi makan 1-3 kg buah kopi merah (coffee cherries) dan keesokan paginya, dikutip kopi luwak segar dengan jumlah berbeda-tergantung dari individu luwak.
Untuk menjamin kelestarian dan keseimbangan ekosistem, PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) berhasil melakukan penangkaran luwak dengan didampingi oleh tenaga profesional pada bidang konservasi dan perawatan hewan sehingga penangkaran luwak telah berhasil dilakukan pada kebun-kebun Kopi Arabika dan Robusta di lingkungan PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero).


Pada musim kopi, setiap pagi kopi luwak dikutip oleh petugas dari kandang luwak. Hasil kopi luwak dari tiap individu luwak bervariasi dari mulai 200 gram - 600 gram kopi luwak basah/ekor. Kopi luwak basah ini kemudian dikumpulkan dan diproses dengan cara pengolahan basah (fullt wash process) dan dikeringkan secara alami dengan pengeringan matahari (fully sun drying) secara khusus terpisah dari pengolahan kopi regular sebagai jaminan otentititas dan kualitas kopi luwak dengan jutaan kenikmatan cita rasa kopi luwak yang tidak tertandingi
KOPI LUWAK JAVA COFFEE
PT PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO)
Proses Pengolahan














Tidak ada komentar:

Posting Komentar